Pages - Menu

Kamis, 21 April 2016

Contoh RPP Agama Hindu K13 (Disempurnakan)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                       : SMAN 1 Kotagajah
Mata pelajaran            : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            : X / 2
Alokasi Waktu             :

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI 1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3  :  Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4  :  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan                                    

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.6: Menghayati ajaran Catur Warna sesuai susastra Hindu

1.   Peserta didik Menerima ajaran Catur Warna
2.   Peserta didik Menjalankan ajaran Catur Warna sesuai susastera Hindu
3.   Peserta didik Menerima ajaran Catur Warna
4.   Peserta didik Menjalankan ajaran Catur Warna sesuai susastera Hindu

2.6: Menjalankan pola hidup gotong royong dan kerja sama, serta berinteraksi secara efektif  sesuai dengan tatanan  ajaran Catur Warna
1.   Melaksanakan pola hidup gotong royong  antar Warna  (sesuai ajaran catur warna )
2.   Peserta didik Menjalankan sikap kerja sama , peduli santun dan ramah lingkungan antar warna ( antar profesi seseorang )

3.6   Memahami pengetahuan  konseptual ajaran Catur Warna sesuai susastra Hindu

1.  Menjelaskan pengertian catur warna
2.  Menyebutkan pembagian Catur Warna
3.  Mengkatagorikan kewajiban masing-masing warna

4.6   Menyajikan masing-masing fungsi  Catur Warna dalam masyarakat

1.  Menjelaskan kewajiban  masing-masing Warna dalam masyarakat
2.  Mendemonstrasikan fungsi masing-masing Warna dalam masyarakat


C.    Materi Pembelajaran 
1. Pengertian catur warna
2. Pembagian Catur Warna
3. Contoh kewajiban masing-masing warna

D.    Kegiatan Pembelajaran
1.    Pertemuan Pertama: 3 JP
1. Menjelaskan pengertian catur warna
2. Menyebutkan pembagian Catur Warna
3. Mengkatagorikan kewajiban masing-masing warna

    
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Mengawali pembelajaran dengan salam panganjali
·         Menggali informasi Awal tentang persepsi siswa tentang Catur Warna
·         Memotivasi siswa tentang pentingnya memahami Ajaran Catur Warna
·         Mempersiapkan Kondisi Kelas dan Media Pembelajaran
·         Menginformasikan KD yang akan di pelajari

25  menit
Inti

















·         Guru menayangkan beberapa slide yang berisi contoh gambar bermacam-macam profesi
·         Guru mengajak siswa untuk menyebutkan profesi yang di tayangkan dalam slide
·         Guru meminta siswa untuk merumuskan pergertian dan pembagian catur warna
·         Guru mengajak siswa untuk mengkatagorikan kewajiban dari masing-masing warna
·         Guru Menyimpulkan deskripsi siswa tentang pengertian, pembagian dan pengkatagorian kewajiban dalam Catur Warna

80 menit













Penutup
·          Guru melakukan Evaluasi terhadap peserta didik untuk mengukur ketercapaian kompetensi dasar dalam pembelajaran
·          Siswa melakukan refleksi tentang apa yang dipelajari
·          Guru menugaskan siswa untuk mencari informasi terkait catur warna dan profesionalisme
·         Mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan paramasantih


30 menit





E.     Teknik penilaian
1.       Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
a.     Sikap Spiritual dan Sosial
Menggunakan Teknik Observasi dengan menggunakan lampiran berikut:



No



Nama
Sikap Spritual
Sikap Sosial
Total
Nilai
Mensyukuri
Displin
Kejujuran
Kerajinan
Percaya Diri
Kerjasama
Peduli Lingkungan
Tekun Belajar
Rasa Ingin Tahu
Kerajinan
1
Wayan












2
Made












3
Nyoman












4
Ketut













Kriteria Nilai
Skor
Katagori
90 - 100
A
Baik sekali
80- 89
B
Baik
70-79
C
Cukup
Kurang dari 70
D
Perlu bimbingan

2.       Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis
IPK
Materi Pembelajaran
Indikator Soal
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Nomor Soal
1. Menjelaskan pengertian catur warna
2.Menyebutkan bagian-bagian ajaran Catur Warna
3.Mengkatagorikan kewajiban dalam Catur Warna

1.    Pengertian Catur Warna
2.    Bagian-Bagian Catur Warna
3.    Contoh-contoh kewajiban dalam Catur Warna

1.    Mampu menjelaskan pengertian catur warna
2.    Mampu menyebutkan bagian-bagian catur warna
3.    Mampu mengkatagorikan kewajiban-kewajiban dalam catur warna
Tes Tertulis
Soal uraian
1.      Jelaskanlah pengetian catur warna menurut kitab Bhagavadgita
2.      Sebutkanlah bagian-bagian dari Catur Warna
3.      Mempelajari Weda, mengembangkan pendidikan, memberikan bimbingan dan memimpin upacara keagamaan merupakan kewajiban dari warna?

F.     Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.     Media/alat: gambar slide, lingkungan sekolah

2.     Bahan: kertas, spidol

3.     Sumber Belajar: buku teks, koran, majalah, kitab suci



Mengetahui,
Kepala SMA N 1 Kotagajah



 
Kotagajah,   21 April 2016

Guru Bidang Studi



            SC Riyananda Adhi, S.Ag.,M.Si
NIP. 19821212 2006 04 1 016
Lampiran-lampiran:
1.      Materi Pembelajaran Pertemuan 1
2.      Instrumen Penilaian Pertemuan 1
3.      Materi Pembelajaran Pertemuan 2
4.      Instrumen Penilaian Pertemuan 2
dan seterusnya tergantung banyak pertemuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar