Penyusunan
Kompetensi
Dasar
Pendidikan
Agama Hindu untuk Sekolah Dasar
Kelas
1
Kompetensi Inti
|
KD Lama
|
KD Baru
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
|
·
Menunjukkan contoh-contoh ciptaan Sang Hyang
Widhi (Tuhan)
·
Menyayangi ciptaan Sang Hyang Widhi (Tuhan)
·
Menyebutkan jenis-jenis tari keagamaan Hindu
·
Menunjukkan contoh-contoh tari keagamaan
Hindu
·
Menyebutkan jenis-jenis sikap sembahyang
·
Mempraktekkan sikap Tri Sandhya
·
Mengenal Tri Kaya Parisudha
·
Menyebutkan bagian-bagian Tri Kaya Parisudha
·
Menunjukkan contoh pelaksanaan Tri Kaya
Parisudha dalam kehidupan sehari-hari
·
Melatih diri melaksanakan Tri Kaya Parisudha
·
Menyebutkan arti dan makna orang Suci
·
Menyebutkan contoh perilaku orang suci
·
Menunjukkan contoh-contoh orang suci
|
1.1 Menerima ajaran Tri Kaya Parisudha sebagai tuntunan
hidup
1.2 Menerima ajaran Subha Karma dan Asubha Karma
1.3 Membaca Mantram-mantram dalam agama Hindu
1.4 MenghafalMantram-mantram agama Hindu
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,tanggung
jawab,santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru
|
|
2.1 Memiliki perilaku jujur melaluiajaran Subha Karma
dan memperkecil ajaran Asubha Karma.
2.2 Memiliki perilaku jujur, santun dan bertanggungjawab
melalui ajaran perilaku Tri Kaya Parisudha.
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
|
3.1 Mengamati jenis-jenis ciptaan Sang Hyang Widhi.
3.2 Mengamati perbedaan jenis-jenis ciptaan Sang Hyang
Widhi dengan hasil karya manusia.
3.3 Mengamati makhluk hidup dengan benda mati.
3.4 Membaca kitab-kitab suci agama Hindu.
3.5 Mengamati perbedaan kitab-kitab suci agama Hindu,
kitab-kitab suci agama di Indonesia, dan buku biasa.
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
|
4.1 Melafalkan lagu keagamaan Hindu
4.2 Menceritakan kisah dan perjalanan orang suci Hindu
ke Bali secara singkat
4.3 Mendengarkan lagu keagamaan Hindu
|
Kelas 2
Mata Pelajaran
Kompetensi Inti
|
KD Lama
|
KD Baru
|
1.
Menerima dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
·
Menyebutkan Arti dan fungsi Tri Murti
·
Menyebutkan bagian-bagian Tri Murti
·
Menyebutkan Sakti Tri Murti
·
Menunjukkan gambar dari atribut Tri Murti
·
Menyebutkan Pengertian Tri Mala
·
Menyebutkan bagian-bagian Tri Mala
·
Menunjukkan contoh-contoh sikap perilaku Tri
Mala yang harus dihindari
·
Menyebutkan urutan pelaksanaan Tri Sandhya
·
Menunjukkan contoh-contoh sikap Tri Sandhya
·
Melafalkan mantram Tri Sandhya
·
Melaksanakan Tri Sandhya
·
Menyebutkan arti tempat suci
·
Menunjukkan sebutan tempat suci bagi umat Hindu
·
Menyebutkan syarat-syarat masuk ketempat suci
·
Melakukan kunjungan ke tempat suci
·
Menyebutkan arti Weda
·
Mengenal bahasa yang dipakai dalam Weda
·
Mengenal Weda sebagai wahyu Sang Hyang Widhi
(Tuhan)
·
Menunjukkan contoh kitab suci
|
1.1 Menerima Atma sebagai sumber hidup
1.2 Menerima fungsi dan sifat Atma dalam agama Hindu
1.3 Menerima konsep Tri Murti dalam kehidupan
1.4 Menerima sakti-sakti dalam Tri Murti sebagai sumber kekuatan
Dewa Tri Murti
1.5 Menghafalkan puja Tri Sandhya
1.6 Melafalkan Panca Sembah
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin,tanggung jawab,santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru
|
|
2.1 Memiliki perilaku disiplin dan percaya diri untuk
menghindari ajaran Tri Mala dalam kehidupan
2.2 Memiliki perilaku sesuai ajaran Catur Paramitha
dalam kehidupan
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
|
3.1 Mengamati tokoh-tokoh dalam ceritera Ramayana
3.2 Mendengarkan cerita tokoh-tokoh Ramayana yang
menegakkan Dharma
3.3 Membaca sejarah lahirnya kawitan Bali Aga
3.4 Melihat ciri-ciri khusus kawitan Bali Aga
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
|
4.1 Menceritakan tokoh-tokoh yang berbuat Dharma dan
yang melanggar Dharma
4.2 Menyajikan ajaran Catur Paramitha
|
Kelas 3
Mata Pelajaran
Kompetensi Inti
|
KD Lama
|
KD Baru
|
1.
Menerima dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
·
Menguraikan Arti Tri Purusa
·
Menyebutkan bagian-bagian Tri Purusa
·
Menyebutkan arti Pemimpin
·
Mengenal pemimpin-pemimpin di lingkungan
terdekatnya
·
Menyebutkan ciri-ciri pemimpin yang baik
·
Meneladani sikap pemimpin yang baik
·
Menyebutkan sarana-sarana persembahyangan
·
Menyebutkan arti dan fungsi sarana
persembahyangan
·
Menunjukkan contoh-contoh sarana sembahyang
·
Melatih diri membuat sarana persembahyangan
·
Menguraikan arti hari suci keagamaan Hindu
·
Menyebutkan nama-nama hari suci keagamaan Hindu
·
Melaksanakan hari-hari suci keagamaan dalam kehidupan
·
Menguraikan arti Catur Paramita dan Tri
Parartha
·
Menyebutkan bagian-bagian Catur Paramita dan
Tri Parartha
·
Menunjukkan contoh-contoh perilaku Catur
Paramita dan Tri Parartha
·
Melatih diri melaksanakan Catur Paramita dan
Tri Parartha dalam kehidupan
·
Menyebutkan arti Tri Mandala
·
Menyebutkan jenis-jenis bangunan pada tiap-tiap
mandala
·
Membedakan tempat suci dengan tempat tinggal
·
Menyebutkan tugas dan kewajiban orang suci
·
Menyebutkan larangan-larangan bagi orang suci
|
1.1 Menerima konsep Tri
Parartha dalam kehidupan
1.2 Menerima konsep Daiwi
Sampad dan Asuri Sampad dalam kitab Bhagawadgita sebagai landasan etika moral
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin,tanggung jawab,santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru
|
|
2.1 Memiliki rasa
tanggungjawab terhadap dampak karma baik dan karma buruk dalam kehidupan.
2.2 Memiliki rasa
percaya diri dalam berkarma baik dan menghindari karma buruk.
2.3 Memiliki perilaku
peduli dan santun sesuai ajaran Tri Parartha dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
|
3.1 Mengamati
tokoh-tokoh utama dalam Mahabharata
3.2 Membaca peninggalan
arkelogis perkembangan dan pertumbuhan agama Hindu di Indonesia
3.3 Mengetahui nama-nama
planet dalam tata surya
3.4 Mengetahui nama-nama
hari dalam kitab suci Veda
3.5 Mengamati tari
profan dan tari sakral Hindu dalam kegiatan keagamaan
3.6 Melihat tari profan
dan tari sakral Hindu dalam kegiatan keagamaan
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
|
4.1 Menceritakan setiap
bagian kisah dalam Mahabharata secara singkat
4.2 Menceritakan
perkembangan dan pertumbuhan agama Hindu di Indonesia secara singkat
|
Kelas 4
Mata Pelajaran
Kompetensi Inti
|
KD Lama
|
KD Baru
|
1.
Menerima dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
·
Menyebutkan arti Panca Sradha
·
Menyebutkan bagian-bagian Panca Sradha
·
Menjelaskan masing-masing bagian Panca Sradha
·
Menguraikan arti Bhuana Agung dan Bhuana Alit
·
Menunjukkan contoh-contoh Bhuana Agung dan
Bhuana Alit
·
Menguraikan arti lagu-lagu kerohanian (Yadnya)
·
Menyebutkan jenis-jenis lagu-lagu Kerohanian
(Yadnya)
·
Melafalkan jenis-jenis lagu-lagu Kerohanian
(Yadnya )
·
Menyebutkan arti hari suci (Wariga)
·
Mengenal hari-hari / bulan baik
·
Mengenal hari raya suci keagamaan berdasarkan
perhitungan hari-hari / bulan baik
·
Menguraikan arti Panca Yama dan Panca Nyama
Bratha
·
Menyebutkan bagian-bagian dan contoh Panca Yama
dan Panca Nyama Bratha
·
Menunjukkan contoh-contoh perilaku Panca Yama
dan Panca Nyama Bratha
·
Menerapkan ajaran Panca Yama dan Panca Nyama
Bratha dalam kehidupan sehari-hari
|
1.1 Menerima ajaran
Punarbhawa sebagai bagian dari Sraddha
1.2 Menerima orang-orang
suci dalam agama Hindu sebagai penuntun kebenaran
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin,tanggung jawab,santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
|
|
2.1 Memiliki perilaku
yang disiplin dalam menghindari ajaran Catur Pataka.
2.2 Memiliki sikap
santun dalam menghargai orang suci agama Hindu
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah
dan tempat bermain
|
|
3.1 Membaca kisah-kisah
Sapta Rsi penerima wahyu Veda
3.2 Mengelompokkan wahyu
Veda yang diterima oleh Sapta Rsi
3.3 Menyebutkan
hari-hari suci agama Hindu.
3.4 Mengkatagorikan
hari-hari suci agama Hindu
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
|
4.1 Menceritakan
ciri-ciri kelahiran Sorga dan kelahiran Neraka
4.2 Menceritakan pertumbuhan
agama Hindu di Indonesia secara singkat
4.3 Menceritakan
kejayaan agama Hindu di Indonesia secara singkat
4.4 Menceritakan
keruntuhan agama Hindu di Indonesia secara singkat
|
Kelas 5
Mata Pelajaran
Kompetensi Inti
|
KD Lama
|
KD Baru
|
1.
Menerima dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
·
Menguraikan arti Tri Sarira
·
Menyebutkan bagian-bagian Tri Sarira
·
Mengenal fungsi Tri Sarira
·
Menyebutkan kerajaan-kerajaan Hindu di
Indonesia sebelum merdekaan
·
Menyebutkan peninggalan-peninggalan kerajaan
Hindu di Indonesia sebelum kemerdekaan
·
Mengunjungi peninggalan-peninggalan kerajaan
Hindu setempat dan di wilayah setempat
·
Menguraikan arti Panca Yadnya
·
Menyebutkan jenis-jenis Panca Yadnya
·
Menerapkan Panca Yadnya dalam kehidupan
sehari-hari
·
Menguraikan arti Catur Guru
·
Menyebutkan bagian-bagian Catur Guru
·
Menunjukkan contoh-contoh sikap bhakti
kepada Catur Guru
·
Menyebutkan unsur-unsur Bhuana Agung dan
Bhuana Alit
·
Menyebutkan persamaan dan perbedaan Bhuana
Agung dan Bhuana Alit
·
Menyebutkan peranan dan fungsi Panca Maha Bhuta
dalam pembentukan Bhuana Agung dan Bhuana Alit
|
1.1 Menerima konsep
Moksha sebagai tujuan akhir manusia
1.2 Menerima jenis-jenis
Mokhsa dalam agama Hindu
1.3 Menjalankan konsep
Tri Hita Karana dalam kehidupan
1.4 Menerima Catur Guru
sebagai pembentuk etika dalam kehidupan
1.5 Menerima kitab Suci
Veda sebagai sumber hukum Hindu
1.6 Menerima dan
mengenal kodifikasi Veda dalam kitab suci
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin,tanggung jawab,santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
|
|
2.1 Memiliki perilaku
peduli, dan tanggungjawab dengan cara
menerapkan ajaran Tri Hita Karana dalam kehidupan
2.2 Memiliki perilaku
jujur, santun, dan disiplin dengan mengaplikasikan sikap bhakti kepada Catur
Guru.
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan
cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
|
3.1 Melihat tempat-tempat suci dalam agama Hindu
3.2 Mengamati ciri
khusus perbedaan tempat-tempat suci agama Hindu
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
|
4.1 Menceritakan bukti
peninggalan sejarah masa pertumbuhan agama HinduNusantara secara singkat
4.2 Menyajikan bukti
peninggalan sejarah masa kejayaan agama Hindu Nusantara
|
Mata Pelajaran
Kompetensi Inti
|
KD Lama
|
KD Baru
|
1.
Menerima dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
·
Menguraikan arti Cadhu Sakti
·
Menyebutkan bagian-bagian Cadhu Sakti
·
Menunjukkan contoh-contoh kemahakuasaan Sang
Hyang Widhi (Tuhan) sebagai Cadhu Sakti
·
Menguraikan perkembangan agama Hindu setelah
Kemerdekaan Indonesia
·
Menunjukkan hasil-hasil pembangunan agama
Hindu setelah kemerdekaan Indonesia
·
Menunjukkan hasil-hasil pembangunan agama
Hindu setelah kemerdekaan Indonesia
·
Menyebutkan contoh-contoh pelaksanaan Yadnya
secara Nitya dan Naimitika Karma
·
Menerapkan pelaksanaan Yadnya secara Nitya dan
Naimitika Karma
·
Menguraikan arti dasa Yama dan Dasa Nyama
Bratha
·
Menyebutkan bagian-bagian Dasa Yama dan Dasa
Nyama Bratha
·
Menunjukkan contoh-contoh Dasa Yama dan Dasa
Nyama Bratha
|
1.1 Menerima ajaran Tri
Rna sebagai hutang manusia yang dibawa sejak lahir
1.2 Menerima kitab
Bhagavadgita sebagai pancama Veda
1.3 Menjalankan ajaran
Tattwamasi dalam kehidupan
1.4 Menerima dan
mengendalikan ajaran Sad Ripu dalam kehidupan sehari-hari
1.5 Membaca isi pokok
kitab suci Bhagavadgita
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin,tanggung jawab,santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
|
|
2.1 Memiliki perilaku peduli
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman melalui korelasinya Tattwamasi
dengan Itihasa
2.2 Memiliki rasa
tanggungjawab terhadap akibat dari prilaku Sad Ripu dalam cerita Itihasa
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan
cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
|
3.1 Mengamati hubungan
Tri Rna dengan Panca Yadnya dalam kehidupan
3.2 Melihat korelasi
bagian-bagian Panca Sraddha sebagai penguat keyakinan
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
|
4.1 Mendemontrasikan
sloka-sloka Bhagavadgita
4.2 Mempraktikkan ajaran
Tattwamasi dalam kehidupan
4.3 Menceritakan
korelasi bagian-bagian panca Sraddha melalui Itihasa secara singkat
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar